28 April 2011

BAB I PENDAHULUAN - LAPORAN PKL KANTOR POS KUDUS ( Part 1 )

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
Teknologi komunikasi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi telepon seluler atau telepon genggam. Teknologi ini sangat diminati masyarakat karena komunikasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Telepon genggam bisa dikatakan sudah masuk dalam daftar kebutuhan penting bagi kita, hampir setiap individu memerlukannya untuk bisa saling berkomunikasi. Kondisi ini mendorong para produsen telepon genggam untuk selalu mengeluarkan produk baru dengan berbagai macam teknologi baru yang semakin canggih dan memberi kemudahan pemakai dalam berkomunikasi atau mengakses informasi.
SMS (Short Message Service) adalah layanan yang disediakan oleh ponsel operator untuk mengirim dan menerima pesan singkat. SMS dinilai sangat praktis, murah, dan efisien. Perilaku pengguna ponsel sampai saat ini dapat dikatakan bahwa setiap sms yang masuk pasti akan dibaca karena sifat ponsel yang personal tadi, ditambah lagi secara psikologi bahwa seseorang itu ingin selalu dianggap penting. Jadi apapun jenis sms yang masuk, orang tersebut pasti akan membuka dan membacanya, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan cepat dan lebih efisien tanpa harus mendatangi instansi terkait.
SMS belakangan ini makin marak keberadaannya dalam kehidupan kita sehari–hari. Banyak dari kita yang menggunakan SMS sebagai sarana komunikasi sehari hari karena harganya yang murah. Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam bisnis SMS ini adalah peranan sebuah SMS gateway. Sebuah sistem yang dipergunakan oleh penyedia jasa untuk mengirim maupun menerima SMS. Keberadaan SMS gateway ini semakin hari semakin diminati dan keberadaannya juga terus berkembang. Pada awalnya, SMS gateway digunakan untuk memudahkan seseorang atau sebuah.perusahaan untuk mengirimkan SMS dengan pesan yang sama pada banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Namun kini dengan sistem dan pemrograman yang lebih baik, SMS gateway menggunakan Gammu tidak hanya dapat mengirimkan pesan saja tetapi juga dapat dipergunakan untuk kepentingan lain, seperti mampu melacak kiriman pada perusahaan jasa. Banyak manfaat yang akan didapat dengan menggunakan SMS Gateway dibandingkan dengan menggunakan sistem online atau menggunakan internet, contoh: biaya yang akan dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan internet, kecepatan SMS lebih cepat daripada menggunakan internet, dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Melihat kondisi di atas dan penulis dalam pelaksanaan PKL dalam membantu Kantor Pos untuk memberikan layanan yang lebih baik, cepat dan akurat maka penulis mengambil judul “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELACAKAN KIRIMAN DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY PADA PT POS INDONESIA KANTOR POS KUDUS “

1.2.   Perumusan Masalah
Dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini agar tidak menyimpang dari pembahasan yang telah dijelaskan diatas maka penulis merumuskan masalah yang sesuai dengan pembahasan yaitu bagaimana melakukan perancangan sistem informasi pelacakan kiriman menggunakan SMS gateway pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Kudus.

1.3.   Pembatasan Masalah
Di dalam penulisan laporan ini, penulis telah membatasi masalah-masalah yang ada agar tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang dibahas. Oleh karena itu, penulis membatasi pada permasalahan :
1.    Analisa kegiatan atau alur atau prosedur proses pelacakan kiriman.
2.    Perancangan Sistem Pelacakan Kiriman dengan menggunakan pemodelan sistem UML..

1.4.   Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Praktek Kerja Lapangan bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk :
1.    Mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja, serta surat keterangan kerja (referensi) dari Instansi.
2.    Lebih dapat memahami konsep-konsep non akademis dan non teknis di dunia kerja yang nyata tetapi tidak terbatas pada: “hubungan atasan-bawahan”, “hubungan sesama kolega”, “dead-line”, “ketidakpastian dan ketidakkonsistenan spesifikasi”, “penerapan lapangan yang terkadang tidak sesuai dengan teori akademis”.
3.    Menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam bidang pengelolaan sistem informasi.
4.    Untuk memperluas cakrawala berpikir bagi mahasiswa program studi sistem informasi dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
5.    Membuka jalur komunikasi antara mahasiswa dan perusahaan.
6.    Untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa tentang keadaan dunia kerja yang akan dijalani nantinya.
7.    Membandingkan teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktek nyata di lapangan.
Berdasarkan tujuan yang diuraikan diatas maka penulis menghasilkan  analisa dan perancangan sistem informasi pelacakan kiriman menggunakan sms gateway pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Kudus.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan TInggalkan Komentar Anda di Blog Saya..
No SPAM and No PORN...
Terimakasih Telah meninggalkan Jejak Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Award Pertama
Photobucket
Langganan Artikel Si Boersan :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Monggo Di Copy Linknya :
Text Link

Banner Link

Komunitas Blogger Indonesia Komunitas Blogwalking