1 April 2011

Proposal PKL Kantor Pos

1. Judul PKL
”Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pelacakan Kiriman Dengan Menggunakan SMS Gateway pada PT. Pos Indonesia Kantor Pos Kudus”

2. Latar Belakang
Teknologi komunikasi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi telepon seluler atau telepon genggam. Teknologi ini sangat diminati masyarakat karena komunikasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Telepon genggam bisa dikatakan sudah masuk dalam daftar kebutuhan penting bagi kita, hampir setiap individu memerlukannya untuk bisa saling berkomunikasi. Kondisi ini mendorong para produsen telepon genggam untuk selalu mengeluarkan produk baru dengan berbagai macam teknologi baru yang semakin canggih dan memberi kemudahan pemakai dalam berkomunikasi atau mengakses informasi.
SMS (Short Message Service) adalah layanan yang disediakan oleh ponsel operator untuk mengirim dan menerima pesan singkat. SMS dinilai sangat praktis, murah, dan efisien. Perilaku pengguna ponsel sampai saat ini dapat dikatakan bahwa setiap sms yang masuk pasti akan dibaca karena sifat ponsel yang personal tadi, ditambah lagi secara psikologi bahwa seseorang itu ingin selalu dianggap penting. Jadi apapun jenis sms yang masuk, orang tersebut pasti akan membuka dan membacanya, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan cepat dan lebih efisien tanpa harus memberitahukan melalui selebaran atau surat pemberitahuan yang belum tentu akan dibaca.
SMS belakangan ini makin marak keberadaannya dalam kehidupan kita sehari–hari. Banyak dari kita yang menggunakan SMS sebagai sarana komunikasi sehari hari karena harganya yang murah. Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam bisnis SMS ini adalah peranan sebuah SMS gateway. Sebuah sistem yang dipergunakan oleh penyedia jasa untuk mengirim maupun menerima SMS. Keberadaan SMS gateway ini semakin hari semakin diminati dan keberadaannya juga terus berkembang. Pada awalnya, SMS gateway digunakan untuk memudahkan seseorang atau sebuah perusahaan untuk mengirimkan SMS dengan pesan yang sama pada banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Namun kini dengan sistem dan pemrograman yang lebih baik, SMS gateway menggunakan Gammu tidak hanya dapat mengirimkan pesan saja tetapi juga dapat dipergunakan untuk kepentingan lain, seperti mampu melacak kiriman pada perusahaan jasa. Banyak manfaat yang akan didapat dengan menggunakan SMS Gateway dibandingkan dengan menggunakan sistem online atau menggunakan internet, contoh: biaya yang akan dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan internet, kecepatan SMS lebih cepat daripada menggunakan internet, dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Melihat kondisi di atas dan penulis dalam pelaksanaan PKL dalam membantu Kantor Pos memberikan layanan yang lebih baik maka penulis dapat mengambil judul “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELACAKAN KIRIMAN DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY PADA PT POS INDONESIA KANTOR POS KUDUS “.

3. Rumusan Masalah
Dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini agar tidak menyimpang dari pembahasan yang telah dijelaskan diatas maka penulis merumuskan masalah yang sesuai dengan pembahasan yaitu bagaimana melakukan perancangan sistem informasi pelacakan kiriman menggunakan SMS gateway pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Kudus.

4. Pembatasan Masalah
Di dalam penulisan laporan ini, penulis telah membatasi masalah-masalah yang ada agar tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang dibahas. Oleh karena itu, penulis membatasi pada permasalahan :
a. Analisa kegiatan atau alur atau prosedur proses pelacakan kiriman.
b. Perancangan Sistem Pelacakan Kiriman dengan menggunakan pemodelan sistem UML.

5. Tujuan PKL
Praktek Kerja Lapangan bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk :
1. Mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja, serta surat keterangan kerja (referensi) dari Instansi.
2. Lebih dapat memahami konsep-konsep non akademis dan non teknis di dunia kerja yang nyata tetapi tidak terbatas pada: “hubungan atasan-bawahan”, “hubungan sesama kolega”, “dead-line”, “ketidakpastian dan ketidakkonsistenan spesifikasi”, “penerapan lapangan yang terkadang tidak sesuai dengan teori akademis”.
3. Menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam bidang pengelolaan sistem informasi.
4. Untuk memperluas cakrawala berpikir bagi mahasiswa program studi sistem informasi dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
5. Membuka jalur komunikasi antara mahasiswa dan perusahaan.
6. Untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa tentang keadaan dunia kerja yang akan dijalani nantinya.
7. Membandingkan teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktek nyata di lapangan.
Dengan tujuan melaksanakan pkl maka penulis dapat mengambil judul tentang “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELACAKAN KIRIMAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY PADA PT POS INDONESIA KANTOR POS KUDUS”

6. Tinjauan Pustaka
1. Fadilatus, Sani (2010) dalam skripsinya yang berjudul Analisis Dan Implementasi Module Pengakses Nilai Ujian Berbasis Sms Dengan Gammu menyimpulkan bahwa Pengembangan sistem pengakses nilai dengan SMS Gateway ini menjadi alat bantu bagi madrasah untuk melakukan proses pelayanan informasi nilai dengan cepat dan mudah melalui SMS, sehingga sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan dengan efisien.
2. Harioso , Henricus Andanto (2009) dalam skripsinya yang berjudul Perancangan Aplikasi Pengirim Pesan ( Sms Broadcast ) Berbasis Web menyimpulkan bahwa :
1. Aplikasi SMS Broadcast ini mampu melakukan pengiriman SMS Personal, maupun SMS Group.
2. Aplikasi ini mampu melakukan pengiriman SMS Group, yang dipicu dari SMS yang dikirimkan Member ke Server SMS Broadcast, dengan format SMS yang telah ditentukan.
3. SMS Broadcast disebut layanan SMS satu arah, karena hanya melayani pengiriman SMS dari Server SMS ke handphone penerima.
4. Kecepatan pengiriman SMS dari sisi Server SMS Broadcast, bergantung pada perangkat SMS Gateway ( handphone / modem ) yang digunakan.
3. Damayanti, Erlian Eka (2010) dalam Konferensi Nasional Sistem dan Informatika pada saat di Bali dengan judul Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Kesiswaan Berbasis Sms Gateway Dengan Gammu SMPN 1 Negeri Katon Kab Pesawaran menyimpulkan bahwa SMS Sekolah sebagai salah satu layanan informasi kepada orang tua/wali murid di sekolah sangat membantu dalam melakukan kontrol terhadap siswa. Informasi yang diperoleh juga semakin mudah, cepat, dan akurat.
4. Novianti, Ariza (2009) dalam seminarnya yang berjudul Sistem Informasi Sekolah Dasar Berbasis SMS menyimpulkan bahwa dengan sistem sms ini maka pesan balasan dari sistem diterima dengan cepat, apabila tidak ada gangguan jaringan provider SMS.

8. Metode Penelitian
7.1. Obyek Penelitian
Nama Instansi : PT. Pos Indonesia Kantor Pos Kudus
Alamat : Jln. Jendral Sudirman No. 43 Kec. Kota kab. Kudus 59300
Telp : (0291) 431895
7.2 Metode Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data yang benar-benar tepat dan relevan, maka penulis mengumpulkan data dengan cara :

7.2.1. Sumber Data Primer (Primary Data)
Adalah data yang diperolah secara langsung dari perusahaan baik melalui pengamatan maupun pencatatan tehadap obyek penelitian, meliputi:
a. Observasi
Pengumpulan data melalui pengamatan dan pencatatan tehadap peristiwa yang diselidiki pada obyek penelitian secara langsung.
b. Wawancara
Pengumpulan data melalui tatap muka dan tanya jawab langsung dengan pihak-pihak yang berkepentingan yang berhubungan dengan penelitian.

7.2.2. Sumber Data Sekunder
Adalah Ambil secara tidak langsung dari obyek penetlitian. Data ini diperoleh dari buku-buku, dokumentasi, dan literatur-literatur, meliputi :
a. Studi Kepustakaan
Pengumpulan data dari buku-buku yang sesuai dengan tema permasalahan.
Contoh : Buku Analisis dan Desain Sistem Informasi karangan Jogiyanto terbitan tahun 2001 tentang Pengertian Sistem Informasi.
b. Studi Dokumentasi
Pengumpulan data dari literatur-literatur dan dokumentasi dari internet, diklat, dan atau sumber informasi lainnya.
8. Relevansi
Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini dapat dikembangkan manjadi lebih berguna yaitu dapat digunakan sebagai penunjang sistem informasi yang berjalan pada perusahaan.

9. Jadwal Kegiatan
Kegiatan
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Pelaksanaan PKL




























Proposal Laporan PKL




























Pengajuan BAB I




























Pengajuan BAB II




























Pengajuan BAB III




























Pengajuan BAB IV




























Seminar




























Keterangan :
1. Pelaksanaan PKL (Praktek Kerja Lapangan)
Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada 1 Februari 2011 – 12 Maret 2011.
2. Proposal Judul Laporan Praktek Kerja Lapangan
Pembuatan Proposal dilaksanakan pada pertengahan Maret 2011.
3. BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini dilakukan penyusunan latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan Praktek Kerja Lapangan, dan Gambaran Umum perusahaan.
4. BAB II PERINCIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Pada bab ini dilakukan penyusunan pelaksanaan PKL, rincian dan penjelasan log harian, dan perubahan kerangka acuan.
5. BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini memberikan uraian mengenai analisa masalah, teori yang digunakan, dan penyelesaian masalah.
6. BAB IV PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran.
7. SEMINAR
Dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2011.

10. Daftar Pustaka
          Damayanti, Erlian Eka, 2010, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Kesiswaan Berbasis Sms Gateway Dengan Gammu SMPN 1 Negeri Katon Kab Pesawaran, IBI Darmajaya Pascasarjana
           Fadilatus, Sani, 2010, Analisis Dan Implementasi Module Pengakses Nilai Ujian Berbasis Sms Dengan Gammu, AMIKOM Program Studi Sistem Informasi
        Fitrhi, Diana Laily, 2010, Buku Panduan Kerja Praktek, Universitas Muria Kudus Fakultas Teknik Program Studi Sistem Informasi
        Harioso , Henricus Andanto, 2009, Perancangan Aplikasi Pengirim Pesan ( Sms Broadcast ) Berbasis Web, Universitas Diponegoro Program Studi Teknik Elektro.
     Novianti, Ariza, 2009, Sistem Informasi Sekolah Dasar Berbasis SMS, Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri




1 komentar:

assalamualaikkum.. saya kuliah di umk, baru selesai magang di kantor pos kudus, kira kira boleh / tidak saya mengembangkan sisfo anda, buat tugas akhir magang?

Posting Komentar

Silahkan TInggalkan Komentar Anda di Blog Saya..
No SPAM and No PORN...
Terimakasih Telah meninggalkan Jejak Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Award Pertama
Photobucket
Langganan Artikel Si Boersan :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Monggo Di Copy Linknya :
Text Link

Banner Link

Komunitas Blogger Indonesia Komunitas Blogwalking