28 April 2011

BAB I PENDAHULUAN - LAPORAN PKL KANTOR POS KUDUS ( Part 2 )

1.5    Gambar Umum PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus
1.5.1 Sejarah dan Gambaran Umum PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus
PT Pos Indonesia (PERSERO) adalah salah satu badan usaha yang dimiliki oleh negara, dan lazim disebut Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan ini sudah cukup lama didirikan, dan dalam perkembangannya telah banyak mengalami perubahan khususnya perubahan bentuk usaha. Perubahan bentuk usaha masih terus berlangsung, sampai pada Juni 1995 menjadi perusahaan perseroan, sehingga namanya menjadi PT Pos Indonesia (PERSERO). Pada dasarnya perubahan bentuk badan usaha ini bertujuan agar perusahaan lebih efisien dan mampu bergerak lebih fleksibel. Hal ini diperlukan karena era globalisasi, setiap perusahaan harus mampu bertahan dalam persaingan dan menghadapi ketidakpastian yang tinggi, sehingga perusahaan akan tetap bertahan. Namun demikian, sebagai perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh pemerintah, maka PT Pos Indonesia (PERSERO) masih mengemban misi sosial sebagai perusahaan layanan masyarakat yang memberikan nilai tambah yang tinggi bagi kepuasan pelanggan.

1.5.2  Letak Geografis
PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus adalah salah satu UPT Pos terbesar dan terbaik di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Kedudukan UPT Pos Kudus terletak di Jl. Jenderal Sudirman No 43 Kudus, dengan letak yang sangat strategis yaitu ditengah keramaian kota, secara ekonomis merupakan potensi untuk lebih mampu bersaing.

1.5.3 Visi dan Misi
1. Visi
Visi merupakan gambaran tentang masa depan yang di cita-citakan yang ingin diwujudkan dalam waktu yang telah ditentukan, visi merupakan pandangan kedepan menyangkut kemana PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipasif, inovatif serta produktif. Berdasarkan kondisi nyata PT Pos (PERSERO) Kudus dengan berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan saat ini dan yang akan datang serta dengan memperhatikan modal dasar yang dimiliki, maka Visi PT Pos (PERSERO) Kudus : “Penyedia Jasa Pos Bernilai Tinggi Dengan Daya Saing Global”.

2. Misi
Misi yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Visi PT Pos (PERSERO) Kudus adalah:
    1. Mengelola perusahaan sesuai dengan prinsip bisnis yang sehat dengan didukung teknologi tepat guna dan SDM profesional.
    2. Menyediakan layanan komunikasi, logistik, transaksi keungan dan layanan Pos yang memiliki nilai tambah tinggi bagi kepuasan pelanggan.
    3. Mengembangkan usaha yang memiliki daya saing kuat baik di pasar domestik maupun di pasar global.
    4. Memberikan pelayanan untuk kemanfaatan umum yang menjangkau seluruh pelosok yanah air dengan perlakuan yang sama guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta mempererat hubungan antar bangsa.
1.5.4    Struktur Organisasi PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus
Struktur organisasi pada PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus adalah seperti tampak pada gambar dibawah ini:



Gambar 1.1 Struktur Organisasi PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus

1.5.5    Tugas dan Tanggung Jawab
Tugas dan tanggung jawab dari struktur organisai PT Pos (PERSERO) Kudus :
1.      Kepala Kantor Pos
a.       Sebagai penanggung jawab di lingkungan kantor.
b.      Memberi intruksi / perintah kepada bawahan untuk melaksanakan tugas masing-masing.
c.       Memindah tugaskan pegawai dari satu bagian ke bagian lain di lingkungan kantor.
d.      Mengevakuasi kinerja dari para pegawai
2.      Supervisor SDM
a.       Memeriksa daftar hadir pegawai.
b.      Membuat laporan gaji pegawai.
c.       Menerima pegawai baru jika diperlukan.
d.      Membuat laporan administrasi kepegawaian.
e.       Memerintahkan tugas-tugas yang diperintahkan oleh KKP.
3.      Supervisor Keuangan
a.       Memenuhi permintaan BPM (Benda Pos dan Materai).
b.      Membuat laporan penjualan benda pos dan materai.
c.       Membuat laporan pensiunan.
d.      Membuat laporan keungan.
e.       Memerintahkan tugas-tugas yang diperintahkan oleh KKP.
4.      Supervisor Pelayanan
a.       Mengawasi tugas-tugas loket.
b.      Mencetak wesel yang akan dibayarkan.
c.       Membuat laporan penerimaan pajak ke KPPN
d.      Membuat laporan mingguan, Tabanas, GIR ( setoran Giro ) dan GIR (cek yang dibayarkan).
e.       Memerintahkan tugas-tugas yang diperintahkan oleh KKP.
 5.      Supervisor UPL ( Unit Pelayanan Luar)
a.       Memeriksa daftar pertanggung jawaban keuangan dari Kantor Pos Cabang
b.      Merekap atau membuat permintaan BPM dari KPC.
c.       Mengirimkan BPM ke KPC.
d.      Mengadministrasikan resi-resi dari KPC.
e.       Mengirimkan wesel yang akan dibayarkan ke KPC.
f.       Memerintahkan tugas-tugas yang diperintahkan oleh KKP.
6.      Supervisor Pengolahan
a.       Bertanggungjawab atas kelancaran pelaksanaan tugas di bagian proses kiriman dan antaran.
b.      Mengawasi penerimaan dan pnyerahan pengiriman pos.
c.       Menyerahkan kantong kiriman tercatat ke Puri R, kiriman KH ke Puri SKH disertai buku serah.
d.      Mengawasi dan mencatat antaran surat / paket dan SKH masing-masing pengantar serta melaporkannya setiap bulan.
e.       Menjawab surat yang berkaitan dengan bagian proses / antaran.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan TInggalkan Komentar Anda di Blog Saya..
No SPAM and No PORN...
Terimakasih Telah meninggalkan Jejak Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Award Pertama
Photobucket
Langganan Artikel Si Boersan :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Monggo Di Copy Linknya :
Text Link

Banner Link

Komunitas Blogger Indonesia Komunitas Blogwalking