28 April 2011

BAB II RINCIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN - LAPORAN PKL KANTOR POS KUDUS

BAB II
RINCIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

2.1. Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus pada tanggal 1 Februari 2011 sampai dengan 12 Maret 2011. Mulai masuk jam 08.00 WIB serta pulang jam 14.00 WIB. Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan ini kami harus mematuhi semua peraturan, tata tertib dan kedisiplinan yang sudah ditetapkan di PT Pos Indonesia (PERSERO) Kudus.
2.2. Rincian dan Penjelasan Log Harian
2.2.1    Minggu pertama tanggal 1-5 Februari 2011
                        Hari pertama masuk kerja praktek, penulis manghadap Kepala Kantor Pos yaitu Bapak Dino Aryadi untuk mendapatkan pengarahan dan kemudian melakukan perkenalan dengan pegawai Kantor Pos Kudus. Penulis  mendapatkan pengarahan dan bimbingan dari Bagian IT yaitu Bapak Yudhi Hartono mengenai sistem apa saja yang telah ada di Kantor Pos Kudus. Selanjutnya kami ditempatkan di ruang server.
Dalam minggu pertama ini penulis  berada di satu bagian saja, yaitu di ruang server. Disini Penulis membantu download program IPOS v.4 sebagai update program di Kantor Pos. Selain itu Penulis mendapatkan banyak pengarahan dan pengetahuan dari Bapak Yudhi Hartono selaku Bagian IT Kantor Pos Kudus.
2.2.2   Minggu Kedua tanggal 7-12 Februari 2011
Pada minggu Kedua ini penulis membantu bagian IT melakukan update program IPOS v.4 ke Kantor Pos Cabang (KPC) yaitu KPC Bae, KPC Jati, KPC Undaan, KPC Mejobo dan KPC Jekulo. Di KPC Penulis berkenalan dengan Pegawai KPC dan meng-update IPOS v.3 menjadi IPOS v.4. Selain update versi penulis juga membantu puri terima serta pembuatan foto prisma.
2.2.3   Minggu Ketiga tanggal 14-19 Februari 2011
Pada  minggu ketiga Penulis membantu Puri Terima pada pagi harinya dan Puri Kirim pada sore harinya. Selain itu Penulis juga membantu bagian Customer Service meng-input Surat dari Korporat seperti Adira, FIF, WOM, dan Kantor Pelayanan Pajak Kudus. Kemudian Penulis juga menguikuti acara jalan santai pada hari sabtu bersama dengan Pegawai Kantor Pos yang lainnya.
2.2.4   Minggu keempat tanggal 21-26 Februari 2011
Pada minggu keempat tugas Penulis masih sama seperti minggu ketiga, yaitu membantu Puri Terima pada pagi harinya dan Puri Kirim pada sore harinya. Selain itu Penulis juga membantu bagian Customer Service meng-input Surat dari Korporat seperti Adira, FIF, WOM, dan Kantor Pelayanan Pajak Kudus serta membantu bagian SDM dalam pembuatan program PPH menggunakan Excel. Kemudian Penulis juga menguikuti acara jalan santai pada hari sabtu bersama dengan Pegawai Kantor Pos yang lainnya.
2.2.5    Minggu kelima tanggal 28 Februari – 5 Maret 2011
                        Pada minggu kelima tugas Penulis masih sama seperti minggu keempat, yaitu membantu Puri Terima pada pagi harinya dan Puri Kirim pada sore harinya. Selain itu Penulis juga membantu bagian Customer Service meng-input Surat dari Korporat seperti Adira, FIF, WOM, dan Kantor Pelayanan Pajak Kudus. Penulis juga membantu pelacakan kiriman auto finance.
2.2.6    Minggu keenam tanggal 7 Maret – 12 Maret 2011
Pada minggu kelima tugas Penulis masih sama seperti minggu keempat, yaitu membantu Puri Terima pada pagi harinya dan Puri Kirim pada sore harinya. Selain itu Penulis juga membantu bagian Customer Service meng-input Surat dari Korporat seperti Adira, FIF, WOM, dan Kantor Pelayanan Pajak Kudus. Minggu keenam ini Penulis membantu menyebarkan brosur mengenai sistem SOPP E-mobile di alun-alun simpang 7 Kudus dari jam 17.30 sampai jam 20.30 WIB. Penulis juga membantu mengupdate status barang yang telah diterima oleh penerima baik yang diambil sendiri dan yang diantarkan oleh pengantar. Pada hari sabtu tanggal 12 Maret penulis mengikuti acara senam yang diadakan oleh Kantor Pos Kudus, setelah itu Penulis berpamitan dengan seluruh Pegawai Kantor Pos Kudus.
2.3        Perubahan Kerangka Acuan
Dari kerangka acuan yang telah penulis buat terdapat beberapa perubahan dikarenakan kami bekerja di tempat kerja praktek sesuai dengan perintah dan aturan yang berlaku berdasarkan  kondisi yang ada pada saat itu. Untuk lebih jelasnya Penulis lampirkan perubahan kerangka acuan pada lampiran.

2 komentar:

Mas boleh minta Bab III dan Bab IV nya mas ??

bab iii dan bab iv nyaa ngga ada ya ka..

Poskan Komentar

Silahkan TInggalkan Komentar Anda di Blog Saya..
No SPAM and No PORN...
Terimakasih Telah meninggalkan Jejak Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Award Pertama
Photobucket
Langganan Artikel Si Boersan :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Monggo Di Copy Linknya :
Text Link

Banner Link

Komunitas Blogger Indonesia Komunitas Blogwalking