9 Juni 2011

Tahukah Anda Macam - Macam Tipe SMS?

Mungkin anda sering melihat kata di telivisi entah iklan entah itu semacam REG PRIMBON dan lain sebagainya yang dimana harus dikirim ke nomor 9090 maupun 9696. Anda mungkin menganggap itu sms biasa pada itu merupakan tipe - tipe sms yang akan saya jelaskan seperti dibawah ini.

Berikut bermacam tipe dari SMS :
1. SMS Premium
SMS Premium adalah layanan Short Code Number (SCN) untuk berbagai macam program, seperti Quiz, Pooling, Informasi dan lain-lain. Layanan ini biasanya memiliki kode akses 4 digit seperti 9090, 6287 dengan tarif premium RP.1000 – RP. 2000 dan didukung oleh semua operator SMS di indonesia. Biaya layanan ini dibebankan kepada penerima SMS.
2. SMS Blasting
SMS Blasting atau SMS Broadcasting/SMS Masking merupakan SMS yang dikirim secara massal oleh pihak provider kepada user dengan nomor Handphone yang sesuai. Dalam hal ini user penerima tidak dikenakan biaya sama sekali. Biaya dikenakan kepada pihak pengirim SMS.
SMS Blasting umumnya digunakan sebagai media informasi advertising / iklan / promosi, maupun pengiriman informasi secara serentak kepada seluruh komunitas anggota. Dengan menggunakan SMS Blasting, pengirim dapat menampilkan data pengirim SMS berupa huruf dan angka.
3. SMS Pull
SMS Pull ini merupakan layanan 2 arah, yaitu untuk setiap transaksi user mengirimkan SMS untuk kemudian mendapatkan balasan SMS dari layanan. Sistem layanan ini seperti SMS gateway namun dengan harga SMS Premium.
Contoh kode yang digunakan adalah sebagai berikut :
Kode 3477 harga pertansaksi RP. 1000
Kode 3499 harga pertansaksi RP. 2000
4. SMS PUSH
SMS PUSH merupakan layanan 1 arah. User mendaftarkan diri pertama kali untuk kemudian mendapatkan balasan sms secara berkala atau dalam periode tertentu hingga nanti user keluar dari program.
Biasanya layanan ini sering digunakan untuk program info, komunitas / alumni, cerita-cerita lucu, dan sebagainya. Tarif yang digunakan adalah sama dengan SMS premium dengan kode yang digunakan kebanyakan juga 4 digit.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan TInggalkan Komentar Anda di Blog Saya..
No SPAM and No PORN...
Terimakasih Telah meninggalkan Jejak Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Award Pertama
Photobucket
Langganan Artikel Si Boersan :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Monggo Di Copy Linknya :
Text Link

Banner Link

Komunitas Blogger Indonesia Komunitas Blogwalking