11 Juli 2013

Cara cek kondisi Harddisk

Pada posting saya yang lalu ada dibahas masalah membuat hard disk awet, pada kesempatan ini kita akan mencoba melihat kondisi fisik hard disk. Sebagai media penyimpanan internal sudah selayak kita perhatikan secara 100% tentang perawatannya. Banyak orang mengeluh baru ganti hard disk kok sudah rusak lagi, baru pakai 1 tahun kok sudah error dan bahkan ada bad sectornya dan banyak  lagi user mengeluhnya. Berikut ini salah satu solusinya agar kita mengerti akan kemampuan hard disk yang kita gunakan.

Hard drive menggunakan S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analisis, dan Pelaporan Teknologi) untuk mengukur keandalan mereka sendiri dan menentukan apakah ada gangguan. Anda dapat melihat hard drive Anda dengan S.M.A.R.T. Data dan melihat apakah  telah mulai terjadi masalah.
Sayangnya, Windows tidak memiliki kemudahan menggunakan built-in alat yang menunjukkan SMART hard disk Data Anda . Kita akan membutuhkan alat pihak ketiga untuk melihat informasi ini, meskipun ada cara untuk memeriksa SMART status dari command prompt.
Gunakan CrystalDiskInfo
CrystalDiskInfo adalah sangat mudah digunakan, open source program yang cepat dapat menampilkan SMART Status dilaporkan oleh hard drive Anda pada Windows. Anda dapat men-download secara gratis - namun, pastikan untuk hapus centang widget browser ketika menginstal.
Setelah terinstal, yang harus Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi CrystalDiskInfo untuk melihat SMART informasi status hard drive Anda. Jika semuanya bekerja dengan benar, Anda akan melihat baik statusnya ditampilkan.
CrystalDiskInfo juga menampilkan informasi lain tentang hard drive Anda, termasuk suhu saat ini dan spesifikasi hardware. Jika ada masalah, Anda dapat mengidentifikasi apa sebenarnya yang salah dengan hard drive.
Jika Anda sangat paranoid, Anda dapat mengaktifkan Fungsi -> Resident (untuk menjaga CrystalDiskInfo berjalan di system tray Anda) dan Fungsi -> Startup (memiliki CrystalDiskInfo otomatis mulai dengan komputer Anda) pilihan untuk meninggalkan CrystalDiskInfo selalu berjalan di latar belakang. Jika Anda S.M.A.R.T. perubahan status, CrystalDiskInfo akan muncul dan mengingatkan Anda. Pesan ini akan muncul di sudut kanan bawah komputer anda. Dalam kondisi dingin jika hidup komputer 28 derajat dan jika sudah lama pemakaian lebih-lebih pada siang hari ini akan cepat naik suhunya bisa menjadi 51 derajat. Dan bila ini terjadi peningkatan suhu ada baik anda menggunakan cooler fan untuk menurunkan panas tersebut, atau ada baiknya untuk sementara shutdown. Mencegah agar suhu tidak naik terus dan ini bisa berakibat fatal terhadap hard drive anda. 
Jika semuanya bekerja dengan benar, Anda akan melihat status OK ditampilkan. Status lainnya dapat menunjukkan masalah atau kesalahan mengambil SMART Informasi.
Bantuan, Apakah Hard Drive Anda Bermasalah!
Jika Anda telah menggunakan salah satu dari alat - atau program lain yang memiliki reputasi - dan telah melihat kesalahan, ini tidak berarti hard drive Anda akan gagal segera. Namun, jika ada S.M.A.R.T. kesalahan, Anda harus mengasumsikan bahwa hard drive Anda dalam proses gagal. Kegagalan lengkap bisa datang dalam beberapa menit, beberapa bulan, atau - dalam beberapa kasus - bahkan beberapa tahun. Namun lama waktu yang dibutuhkan, Anda tidak harus percaya hard drive dengan data Anda untuk sementara.
Pastikan Anda memiliki up-to-date backup semua file Anda disimpan pada media lain, seperti hard drive eksternal atau cakram terbakar. Anda harus selalu memiliki up-to-date backup pula, sebagai hard drive bisa gagal setiap saat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan TInggalkan Komentar Anda di Blog Saya..
No SPAM and No PORN...
Terimakasih Telah meninggalkan Jejak Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Award Pertama
Photobucket
Langganan Artikel Si Boersan :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Monggo Di Copy Linknya :
Text Link

Banner Link

Komunitas Blogger Indonesia Komunitas Blogwalking